NEWS : | SELAMAT DATANG DI SIDAK NUSANTARA. | JURU KAMERA GLOBAL TV DI TANGKAP DENSUS 88. | IMAN, JURU KAMERA GLOBAL TV DI DUGA TERLIBAT BOM SERPONG. | WALI MURID SMPN RSBI BEKASI PERTANYAKAN SDM PARA PENDIDIK KELAS RSBI. | PERESMIAN KANTOR CABANG SIDAK NUSANTARA DI PADANG SUMATRA BARAT BERLANGSUNG MERIAH. | CIKARANG TIMUR AKAN MENJADI SENTRA IKAN PATIN DI INDONESIA. | JELANG PENDAFTARAN SISWA BARU, BEBERAPA SMPN DI BEKASI TELAH MENYATAKAN TIDAK MENERIMA CALON MURID, KARENA TERBATASNYA RUANG. | POLRES KARAWANG AKAN LAKUKAN RAJIA SEPANJANG JALUR PANTURA, TERKAIT BOM.

Kamis, 24 Maret 2011

POSYANTEKDES PERCONTOHAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DI NAGARI SUNGAI KAMUYANG


 Pemberdayaan Teknologi ditengah masyarakat semakin gencar digal­akkan untuk membuat masyarakat sadar teknologi. Baik untuk men­getahui aplikasi teknologi maupun informasi teknologi terbaru.

Limapuluhkota, SN
Teknologi tidak dapat dipisahkan dari ke­hidupan manusia, karena teknologi telah merambah setiap lini kehidupan manusia yang menyebabkan manusia bergantung pada teknologi.
Posyan TTG (Pos Pelayan Teknologi Tepat Guna) Kabupaten Lima Puluh Kota yang meru­pakan Swadaya masyarakat dan dikukuhkan oleh Pemerintah Daerah menjadi Posyan TTG Percon­tohan Kabupaten. Baru-baru ini menerima 90 orang mahasiswa Pekanbaru Provinsi Riau yaitu dari UIR (Universitas Islam Riau) yang melaksanakan study banding. Sekretariat Posyan TTG menerima kunjun­gan tersebut dan pimpinan Posyan TTG Perconto­han Bapak Aldafrizal menyambut langsung semua mahasiswa. Pada kesempatan itu Bapak Aldafrizal juga memberikan Presentasi mengenai kegiatan dari Posyan TTG Kabupaten Lima Puluh Kota. Meski­pun pada kunjungan mahasiswa UIR tersebut tidak terakomodir dengan baik, karena kapasitas tempat yang tidak mencukupi. Semoga kedepannya Tempat Sekretariat Posyan TTG dapat diperluas dengan bantuan dana BLM, karena Posyan TTG Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan usulan dari Provinsi Sumatera Barat untuk penerima BLM Tahun ang­garan 2011. Jika bangunan sekretariat Posyan TTG ini diperluas akan mampu menampung kunjungan kegiatan Mahasiswa magang ataupun studi banding dan mengakomodir kegiatan Posyan TTG.
Kegiatan Posyan TTG yang memang fokus untuk pengembangan Teknologi dibidang Pertanian, saat ini tengah melakukan pembuatan Microba satu sampai Microba empat, Pengembangan Agens Hayati dan Pembuatan Kompos atau Pupuk Kan­dang, dan sedang melakukan pembuatan Nutrisi “n”, “p” , “k” serta “ca” yang nantinya akan diinfor­masikan ke masyarakat dan dapat dimanfaatkan oleh para petani setempat. Posyan TTG (Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna) Percontohan Kabupaten Lima Puluh Kota yang telah memiliki Pokmas (Ke­lompok Masyarakat). Di mana saat dibentuk Pok­mas berjumlah sekitar 25 Pokmas, namun karena kesibukan dan keterbatasan dana pembinaan maka Pokmas tersebut tidak terakomodir. Dengan adanya Posyan TTG ini diharapkan mampu meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian masyarakat.
BPMPN Kabupaten Lima Puluh Kota Sub- Bidang SDA dan TTG yang melaksanakan pem­binaan terhadap Posyan TTG menyarankan untuk kembali mengaktifkan Pokmas yang telah ada, dan mengevaluasi setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Posyan TTG Percontohan Kabupaten Lima Puluh Kota. Posyan TTG yang terdapat di Jorong Rageh Nagari Sungai Kamuyang Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota ini masih merupakan Posyantekdes Percontohan ditingkat Kabupaten Lima Puluh Kota, yang saat ini juga ditunjuk oleh Provinsi Sumatera Barat untuk menjadi Posyan TTG Percontohan Tingkat Provinsi. Kelayakan dari Posyantekdes Percontohan Kabupaten Lima Puluh Kota ini yang membuat Provinsi memilihnya untuk menjadi Percontohan tingkat Provinsi. Para pengurus Posyan TTG dan Pemerintah Kabupaten telah bersiap diri untuk menjadikan Posyan TTG kabupaten ini sebagai Percontohan ditingkat Provinsi. (melfans)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

SIDAK NUSANTARA Copyright © 2011 News is Posting by Sofyantv