NEWS : | SELAMAT DATANG DI SIDAK NUSANTARA. | JURU KAMERA GLOBAL TV DI TANGKAP DENSUS 88. | IMAN, JURU KAMERA GLOBAL TV DI DUGA TERLIBAT BOM SERPONG. | WALI MURID SMPN RSBI BEKASI PERTANYAKAN SDM PARA PENDIDIK KELAS RSBI. | PERESMIAN KANTOR CABANG SIDAK NUSANTARA DI PADANG SUMATRA BARAT BERLANGSUNG MERIAH. | CIKARANG TIMUR AKAN MENJADI SENTRA IKAN PATIN DI INDONESIA. | JELANG PENDAFTARAN SISWA BARU, BEBERAPA SMPN DI BEKASI TELAH MENYATAKAN TIDAK MENERIMA CALON MURID, KARENA TERBATASNYA RUANG. | POLRES KARAWANG AKAN LAKUKAN RAJIA SEPANJANG JALUR PANTURA, TERKAIT BOM.

Kamis, 24 Maret 2011

PAMSIMAS KOTO LAMO DIRESMIKAN



Lima Puluh Kota :
PAMSIMAS KOTO LAMO DIRESMIKAN
Bupati Lima Puluh Kota dr.Alis Marajo Dt.Sori Marajo meresmikan pe­makaian proyek Penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang ada di jorong Koto Tangah, Nagari Koto Lamo, Keca­matan Kapur IX.
Limapuluh Kota,SN
Hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD Lima Puluh kota H.Dahlius, Kadis PU Yusdianto, Kadis Pertambangan Yunire, Kesbang­pollinmas H.Hidayatur Rusyida, Kepala Bappenda Sevina Rozalen, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aprimas, Kabag Humas dan Protokoler Saiful.SP ,Camat dan Muspika Kecamatan Kapur IX dan tokoh masyarakat Nagari Koto Lamo.
Dalam sambutannya Bupati Lima Puluh Kota dr. Alis Marajo Dt.Sori Marajo, mengatakan “ merasa bangga kepada masyarakat terhadap kerjasama dan semangat kegotong royongan dalam upaya mensuk­seskan program Pamsimas , sehingga masyarakat tidak lagi mengambil air untuk keperluannya dari sungai “ ujar Alis Marajo.
Ditambahkan Alis Marajo “Program Pamsi­mas merupakan salah satu program dan aksi nyata pemerintah (pusat dan daerah), untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan “tukuk Alis Marajo
Program Pamsimas yang telah berhasil di manfaatkan warga di Jorong Koto Tangah ini akan efektif dan berkelanjutan apabila masyarakat bersedia untuk berkontribusi dan membiayai, serta bersedia mengelola dan memelihara sarana dan kegiatan secara sukarela sehingga terjadi proses pembentukan rasa memiliki (sense of ownership) terhadap hasilnya “ Tukuk Alis Marajo.
Kemudian, anggota DPRD Lima Puluh Kota H.Dahlius yang juga mantan wali nagari Koto Lamo mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat penambahan alokasi dana untuk pengembangan jaringan sehingga dapat dimanfaatkan oleh dua jorong yang berdekatan yakni jorong Koto Tuo dan jorong Tanjung Bungo “ ujar Dahlius
Sementara,Ketua Lembaga Keswadayaan Ma­syarakat (LKM) M. Nur didampingi ketua Satuan pelaksana (Satlak) Renaldo mengatakan “ kegiatan program pamsimas tahun 2010 yang telak dilak­sanakan di Jorong Koto Tangah, yaitu ; pemberday­aan masyarakat dan pengembangan kelembagaan lokal, peningkatan kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat, dan layanan sanitasi “ ujar M.Nur
Disamping itu, Kegiatan Pamsimas air minum telah dimanfaatkan oleh 317 rumah tangga dan peningkatan kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat, dan layanan sanitasi telah 75 % RT memiliki jamban sehat , Kegiatan Pamsimas Replikasi Murni dari APBD Lima Puluh Kota yang menyerap Dana Rp.275.000.000,- dengan rincian sumber penda­naan dari APBD Rp.220.000.000,- dan swadaya Rp.55.000.000,- yang terdiri Rp.11.000.000,- iuaran kontan masyarakat dan Rp.44.000.000,- nilai swa­daya masyarakat terhadap tenaga kerja dan material lokal. ,“ ulas M.Nur
Ditambahkan M.Nur “Sumber air minum be­rasal dari mata air Mudiak Muruah di Bukit Kin­cuang yang berjarak 2 km dari Intake ke reservoir (bak penampungan saringan pasir lambat ) dengan panjang jaringan pipa 4.870 meter.
Kemudian Pjs, Wali Nagari Koto Lamo Aprizal Dt.Jum mengatakan bahwa program pamsimas air bersih ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, kendala kedepan adalah perlu perbaikan drainase dari limbah masyarakat menuju sungai batang kapur ketek .Dan diharapkan juga , pengembangan jaringan pamsimas sepanjang 3 km , dimana 1 km menuju jorong Tanjung Bungo dan 2 km untuk Jorong Koto Tuo “ ujar Aprizal.
Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas PU Kabupaten Lima Puluh Kota Yusdianto Yusmar, berjanji untuk menambah dana Rp.100 juta untuk pembelian pipa untuk pengembangan jaringan air minum ini, yang bersumber dari dana ad hoc Program Percepatan Pembangunan Insprastruk­tur Daerah (PPID) yang tahun ini kita mendapat tambahan dana dari pusat sebesar Rp.9,9 Milyar yang minggu lalu telah ditekan menteri dan kita menunggu keputusan menteri keuangannya yang dapat digunakan untuk penyedian air minum bagi masyarakat di Kabupaten Lima Puluh Kota “ ujar Yusdianto. (Ant)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

SIDAK NUSANTARA Copyright © 2011 News is Posting by Sofyantv