NEWS : | SELAMAT DATANG DI SIDAK NUSANTARA. | JURU KAMERA GLOBAL TV DI TANGKAP DENSUS 88. | IMAN, JURU KAMERA GLOBAL TV DI DUGA TERLIBAT BOM SERPONG. | WALI MURID SMPN RSBI BEKASI PERTANYAKAN SDM PARA PENDIDIK KELAS RSBI. | PERESMIAN KANTOR CABANG SIDAK NUSANTARA DI PADANG SUMATRA BARAT BERLANGSUNG MERIAH. | CIKARANG TIMUR AKAN MENJADI SENTRA IKAN PATIN DI INDONESIA. | JELANG PENDAFTARAN SISWA BARU, BEBERAPA SMPN DI BEKASI TELAH MENYATAKAN TIDAK MENERIMA CALON MURID, KARENA TERBATASNYA RUANG. | POLRES KARAWANG AKAN LAKUKAN RAJIA SEPANJANG JALUR PANTURA, TERKAIT BOM.

Kamis, 24 Maret 2011

Tiga Kelurahan Disurvei PMI Pusat



Bukittinggi :
Tiga Kelurahan Disurvei PMI Pusat
Tim Palang Merah Indo­nesia (PMI) dari pusat tiba di kota Jam Gadang, Jum’at (11/02) siang. Bertempat di Markas PMI Kota Bukitting­gi, Jl. A.Rivai, tim disambut langsung pengurus PMI kota dan Kepala Dinas Sosial, Drs. H. Salman.
Bukittinggi, SN
Tim yang beranggotakan tiga orang tersebut, men­gunjungi kota dengan luas 25 km2 untuk melakukan survei awal penerapan program PMI di bidang Pengurangan Resiko Ter­padu Berbasis Masyarakat yang juga didukung oleh PMI Negara Belanda dan Prancis.
Dora Mathilde, salah seorang tim mengatakan Bukittinggi merupakan satu dari Kabupaten/ Kota di Sumbar yang rentan akan bencana alam. Selain letaknya berada 900 m diatas permukaan laut, Bukittinggi juga terle­tak di jalur Bukit Barisan yang dikelilingi oleh gunung berapi. Kondisi geografis inilah yang menuntuk kesiagaan dari setiap warga akan datangnya bencana alam yang tidak dapat diprediksi.
“Secara keseluruhan program akan berjalan selama 24 bulan. Selama rentang waktu tersebut kita secara bersama baik dari pusat maupun dari daerah akan melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya seminar tentang tanggap bencana, penyuluhan dan pembinaan langsung kepada masyarakat, peningkatan kulaitas pengurus dan posko PMI dan banyak kegiatan lainnya”, jelas perempuan yang juga Relawan Palang Merah Negara Prancis.
Pada tahap awal, lanjutnya, survei akan dilakukan selama dua hari di tiga kelurahan yang telah direkomendasikan oleh pemerintah kota. Rekomendasi ini didasari tingkat kerentanan daerah tersebut terhadap potensi bencana alam. Sementara Kepala Dinas So­sial , drs. H. Salman mengatakan Pemko Bukittinggi sangat men­dukung program tersebut. Tidak dipungkiri Bukittinggi memang meruapakan daerah rawan ben­cana alam, terutama gempa bumi. Karena itulah perlu adanya suatu penyuluhan khusus kepada ma­syrakat. Penyuluhan tersebut akan mampu mengurangi resiko dari bahaya bencana tersebut. (Ant)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

SIDAK NUSANTARA Copyright © 2011 News is Posting by Sofyantv